Tautan-tautan Akses

Kepala BBC Mundur karena Salah Tuduh Soal Pelecehan Seks


Kepala British Broadcasting Corporation (BBC) George Entwistle mengundurkan diri setelah siaran TV BBC salah tuduh politisi ternama di Inggris (foto: dok).

Kepala British Broadcasting Corporation (BBC) George Entwistle mengundurkan diri setelah siaran TV BBC salah tuduh politisi ternama di Inggris (foto: dok).

Kepala BBC memutuskan untuk mundur dari jabatannya, setelah siaran berita televisi telah salah menuduh seorang politisi terkenal Inggris melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Kepala British Broadcasting Corporation (BBC) mengundurkan diri setelah berita televisi menyebabkan politisi terkenal secara salah dituduh melakukan pelecehan seks terhadap anak-anak.

George Entwistle adalah direktur jenderal BBC selama kurang dari dua bulan. Hari Sabtu, ia mengatakan, ia juga pemimpin redaksi berita BBC yang tentunya bertanggung-jawab atas semua isi berita-berita BBC. Entwistle menyatakan, mundur adalah hal terhormat.

Acara Newsnight BBC tanggal 2 November melaporkan seorang anggota senior partai Konservatif melakukan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki dalam panti anak-anak di Wales pada tahun 1970-an dan 1980-an.

Laporan itu tidak menyebut nama politisi tersebut. Tetapi situs internet menyebut nama tersangka sebagai mantan bendahara Partai Konservatif Alistair McAlpine. Penuduhnya mencabut tuduhan terhadap McAlpine itu minggu lalu, dengan mengatakan ia mengira foto orang lain adalah foto McAlpine.

Entwistle juga dikritik karena Newsnight memutuskan membatalkan penyelidikan terhadap tuduhan bahwa mendiang pembawa acara televisi Inggris terkenal Jimmy Savile melakukan pelecehan seksual terhadap ratusan anak laki-laki dan perempuan selama puluhan tahun.
XS
SM
MD
LG