Tautan-tautan Akses

Kepala Bank Sentral Prihatin Kesenjangan Makin Besar di AS


Janet Yellen menyuarakan keprihatinan dengan memburuknya kesenjangan ekonomi di AS (foto: dok).

Janet Yellen menyuarakan keprihatinan dengan memburuknya kesenjangan ekonomi di AS (foto: dok).

Kepala Bank Sentral Amerika, Janet Yellen, menyuarakan keprihatinan dengan kesenjangan ekonomi yang semakin besar di AS.

Kepala Bank Sentral Amerika menyuarakan keprihatinan Jumat (17/10) dengan kesenjangan ekonomi yang semakin besar di Amerika, dan mempertanyakan apakah perbedaan yang semakin besar antara golongan kaya dan miskin sejalan dengan prinsip peluang sama untuk semua fihak di Amerika.

Janet Yellen dalam sebuah pidato tentang kesempatan ekonomi, mengatakan kecenderungan dalam beberapa dekade terakhir memperlihatkan senjang pendapatan dan kesempatan terbesar dalam hampir satu abad.

Ia mengutip data yang memperlihatkan pendapatan rata-rata dari 5 persen rumah tangga berpendapatan tertinggi naik 28 persen antara 1989 dan 2013, sementara pendapatan untuk 95 persen lainnya tumbuh kurang dari 10 persen untuk kurun waktu yang sama.

Ia juga menguraikan senjang semakin besar dalam kekayaan keseluruhan. Katanya, nilai neto rata-rata dari 50 persen rumah tangga Amerika, hanya 11 ribu dolar pada 2013, dan kalau disesuaikan dengan inflasi angka itu 50 persen lebih rendah dibandingkan 1989.

Ia membandingkan angka itu dengan data yang menunjukkan nilai neto rata-rata dari 5 persen RT berpendapatan tertinggi naik dari 3,6 juta dolar pada 1989 menjadi 6,8 juta dolar tahun lalu.

XS
SM
MD
LG