Tautan-tautan Akses

Kenya Tenggelamkan Kapal yang Diduga Milik Militan Al-Shabab


Para pejuang kelompok Al-Shabaab di Somalia, yang beberapa waktu lalu mulai berperang melawan negara tetangganya, Kenya (foto: dok).

Para pejuang kelompok Al-Shabaab di Somalia, yang beberapa waktu lalu mulai berperang melawan negara tetangganya, Kenya (foto: dok).

Pasukan Kenya menembakkan senjata ke arah sebuah kapal di Ras Kamboni, sesudah kapal tersebut menolak untuk berhenti.

Pejabat militer Kenya mengatakan bahwa angkatan laut mereka telah menenggelamkan satu kapal yang diduga mengangkut militan Al-Shabab.

Juru bicara Angkatan Laut Kenya mengatakan pasukannya menembakkan senjata ke arah kapal tersebut di daerah Ras Kamboni, Kamis (3/11) kemarin, sesudah kapal tersebut menolak untuk berhenti untuk mengidentifikasi para penumpang dan awaknya saat meluncur ke perairan Kenya. Kenya belum mengkonfirmasi jumlah korban tewas dalam insiden ini.

Awal minggu ini, seorang mayor Kenya, Emmanual Chirchir, memasang tautan video di Twitter, yang menurutnya, menunjukkan bagaimana Angkatan Laut Kenya menenggelamkan sebuah kapal dengan 18 pejuang Al-Shabab di dalamnya. Ia mengatakan bahwa seluruh militan tewas dalam penyerangan ini. Apakah video tersebut otentik atau tidak, belum dapat dikonfirmasi.

Chirchir mengatakan bahwa serdadu Kenya sedang dipersiapkan untuk menyisir 10 kota di Somalia selatan dalam upaya memburu Al-Shahab. Grup militan ini telah memanggil dukungan untuk memperkuat pasukannya dari daerah-daerah Kenya lainnya.

XS
SM
MD
LG