Tautan-tautan Akses

Kendaraan Populer di Pasar Amerika Tahun 2016


Mobil Infiniti QX50 tahun 2016 saat dipamerkan di Pameran Automotif di New York, 1 April 2015 (Foto: dok).

Pengemudi Amerika merupakan konsumen yang berdasar pada kebiasaan, sehingga perusahaan Ford tidak perlu bersusah-payah memenangkan mahkota penjualan tahunan.

Tahun ini, seperti setiap tahun dalam beberapa dasawarsa terakhir, orang Amerika akan membeli lebih banyak truk pick-up Ford daripada kendaraan lain. Penghitungan akhir untuk 2016 mencatat, sekitar 800.000 buah truk pick-up buatan pabrik lain tercatat jauh di belakang.

Pengemudi Amerika merupakan konsumen yang berdasar pada kebiasaan, sehingga perusahaan Ford tidak perlu bersusah-payah memenangkan mahkota penjualan tahunan. Di sisi lain, untuk meningkatkan penjualan kendaraan yang kurang populer tapi telah beredar sejak lama, merupakan cara tersulit dalam industri otomotif.

Untuk itu, Bloomberg memproses data penjualan sampai November untuk melihat model mobil yang paling populer. Data itu menunjukkan masa depan mobil-mobil yang akan laku pada masa depan dan yang akan berkurang peminatnya dalam waktru dekat ini.

Infiniti QX50 mendapat angka baik dalam urutan SUV, dengan ukuran sedikit lebih besar. Infiniti, mobil mewah buatan Nissan, sekarang membuat empat ukuran SUV. Infiniti seri QX50 adalah yang terkecil kedua, mungkin lebih tepat disebut ukuran yang pas. Ini adalah ukuran dan bentuk kendaraan yang ingin dibeli orang Amerika sekarang, dibanding mobil manapun.

Sementara itu, Honda Fit adalah mobil yang tampak sangat kecil. Jangan salah, ini adalah mobil bagus. Rasio ruang interior Fit dengan ukuran eksterior mobil, sulit dijelaskan dengan hukum fisika, dan teknik itu telah meningkat dari waktu ke waktu. Masalahnya adalah penampilannya. Honda Fit masih terlihat seperti mobil kecil, meskipun perancang mobil itu telah belajar membuat mobil kecil terlihat seperti SUV besar. Itulah yang menarik pembeli sekarang ini.

Sementara itu, perusahaan mobil Tesla memberi waktu satu minggu kepada pembeli mobil di Inggris untuk menghindari naiknya harga di Inggris setelah Brexit. Tesla menanggapi anjoknya poundsterling sejak referendum negara bulan Juni untuk meninggalkan Uni Eropa. Perusahaan yang berpusat di Palo Alto, California itu hanya memberi pelanggan pemberitahuan seminggu. Mobil Tesla paling populer, Model S, sekarang ini dijual 58.900 poundsterling atau $72.400. Menurut situsya, pembeli bisa menghemat sekitar 6.500 poundsterling untuk bensin dan pajak dalam lima tahun.

Konsumen Inggris telah terkena kenaikan harga dari sejumlah perusahaan sejak referendum Juni lalu. (ps/isa)

XS
SM
MD
LG