Tautan-tautan Akses

Kemenangan Santorum Goyang Kompetisi Calon Presiden Partai Republik


Mantan Senator Pennsylvania, Rick Santorum memberikan pidato di depan pendukungnya di St. Charles, Missouri (8/2).

Mantan Senator Pennsylvania, Rick Santorum memberikan pidato di depan pendukungnya di St. Charles, Missouri (8/2).

Mantan Senator Rick Santorum memperoleh momentum dalam kontes Capres Partai Republik setelah kemenangan dalam pemilihan di tiga negara bagian terakhir.

Rick Santorum, calon nominasi presiden dari Partai Republik, kini berada di tempat teratas setelah kemenangan dalam kontes nominasi di tiga negara bagian, yang telah menimbulkan pertanyaan soal status keunggulan mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney.

Tokoh konservatif sosial Rick Santorum hari Rabu berkampanye di Texas setelah memenangkan dua kaukus di Minnesota dan Colorado, serta pemilihan pendahuluan di Missouri. Kemenangan itu menambah tekanan bagi Mitt Romney dan menandaskan perjuangannya untuk meraih dukungan kalangan konservatif Partai Republik.

“Malam ini merupakan kemenangan bagi suara-suara partai kita… kalangan konservatif dan Tea Party yang berada di sana siang malam, di berbagai kebun anggur yang membangun gerakan konservatif negara ini…. Membangun landasan Partai Republik dan membangun suara bagi kebebasan di negara ini… Terima kasih,” kata Rick Santorum.

Perubahan hari Selasa dalam pertarungan untuk menghadapi Presiden Barack Obama dari Partai Demokrat bulan November nanti, juga memberi pukulan bagi mantan Ketua DPR Newt Gingrich, yang sebelumnya dilihat sebagai alternatif setelah Mitt Romney. Newt Gingrich tertinggal pada tempat ketiga di Colorado dan pada tempat keempat di Minnesota. Ia tidak tercantum dalam kaukus di Missouri.

Newt Gingrich kini memusatkan perhatiannya di Ohio, yang telah memulai pemungutan suara lebih awal menjelang pemilihan pendahuluan tanggal 6 Maret ketika sekitar 10 negara bagian menyelenggarakan kaukus atau pemilihan pendahuluan dalam sebuah acara yang dikenal sebagai “Super Tuesday”.

Mitt Romney hari Rabu juga berkampanye di Georgia – salah satu negara bagian yang termasuk dalam “Super Tuesday”. Meskipun ia kalah, dalam sebuah rapat umum di Colorado Selasa malam Mitt Romney mengatakan ia masih berharap akan dinominasikan oleh Partai Republik.

“Saya ingin memberi ucapan selamat kepada Senator Rick Santorum. Mendoakan yang terbaik bagianya. Kita akan terus berkampanye. Dengan bantuan anda, saya berharap bisa dinominasikan oleh Partai Republik,” ujar Romney.

Sementara itu Ron Paul – anggota Kongres dari Texas merayakan kemenangannya pada tempat kedua di Minnesota. Ron Paul tidak akan melakukan kampanye hari Rabu ini.

XS
SM
MD
LG