Tautan-tautan Akses

Kemenangan di Kentucky Dekatkan Clinton ke Nominasi


Kandidat Capres AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton saat memberikan pidato di Transylvania University di Lexington, Kentucky (16/5).

Kandidat Capres AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton saat memberikan pidato di Transylvania University di Lexington, Kentucky (16/5).

Para pejabat pemilu mengatakan karena jumlah perolehan suara tidak begitu besar, mereka belum akan mengumumkan siapa pemenangnya, namun Clinton telah menyatakan dirinya sebagai pemenang.

Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, semakin memperbesar peluangnya untuk meraih nominasi calon presiden dari Partai Demokrat.

Dengan kebanyakan suara telah dihitung dalam pemilihan pendahuluan di Kentucky, Clinton mengungguli Senator Vermont Bernie Sanders dengan sekitar 2000 suara. Para pejabat pemilu mengatakan karena jumlah perolehan suara tidak begitu besar, mereka belum akan mengumumkan siapa pemenangnya, namun Clinton telah menyatakan dirinya sebagai pemenang.

Hasil akhir di Kentucky tidak begitu penting karena Partai Demokrat di negara bagian itu membagi delegasi secara proporsional sehingga kedua kandidat berbagi hampir sama rata.

Dalam persaingan lain, Selasa, Sanders memenangkan pemilihan pendahuluan di negara bagian Oregon. Untuk bisa mengungguli Clinton dan memperoleh nominasi, Sanders perlu merebut 85 persen dari jumlah delegasi yang tersisa.

Partai Demokrat akan melangsungkan pemilihan pendahuluan di Virgin Islands pada 4 Juni dan di Puerto Rico pada 5 Juni. Bagi Clinton, jumlah delegasi dipertaruhkan pada kedua kontes itu tidak cukup untuk memastikan nominasi, namun ia diperkirakan akan meraihnya pada tanggal 7 Juni ketika enam negara bagian melangsungkan pemilihan pendahuluan.

Calon dari Parti Demokrat akan berhadapan dengan kandidat dari Partai Republik Donald Trump pada pemilu November mendatang.

Jajak pendapat NBC News dan Survey Monkey, Selasa menunjukkan, secara national Clinton unggul tipis atas Trump, 48 lawan 45 persen. [ab/as]

XS
SM
MD
LG