Tautan-tautan Akses

Kembang Api, Parade Tandai Perayaan Tahun Baru Imlek


Perayaan tahun baru Imlek di kuil Kwan Im Thong Hood Cho, Singapura hari Senin (8/2).

Perayaan tahun baru Imlek di kuil Kwan Im Thong Hood Cho, Singapura hari Senin (8/2).

Perayaan-perayaan dimulai di seluruh dunia untuk menandai tahun baru Imlek yang kali merupakan Tahun Monyet.

Tahun Baru Imlek 4713 dimulai tanggal 8 Februari tahun ini. Berbeda dengan perayaan tahun baru di negara-negara barat, yang dimulai para malam sebelumnya dan berakhir keesokan hari, perayaan tradisional Tahun Baru Imlek berlangsung selama 15 hari, dan diakhiri dengan Festival Lentera tahunan.

Liburan ini juga menandai periode berwisata terbesar di dunia, di mana jutaan orang melakukan perjalanan bersama keluarga untuk liburan.

Terbatasnya perayaan kembang api ditambah lambatnya perekonomian tampaknya mengurangi kemeriahaan perayaan than baru Imlek di seluruh China.

Perayaan tahun baru Imlek kurang terasa di Taiwan, yang masih terkejut akibat gempa sehari sebelumnya berkekuatan 6,4 skala Richter. Jalan-jalan di Tainan, di dekat pusat gempa, masih kosong menjelang tengah malam.

Tim SAR berdoa pada Minggu (7/2) malam di kuil Wu-Long-Kuong di Tainan, menyalakan dupa dan membungkuk di hadapan patung-patung dewa Taois dan Buddha.

Pesta kembang api dan parade menyambut tahun baru Imlek juga dilakukan di kota-kota lain seperti Sydney hingga Lisbon. [zb]

XS
SM
MD
LG