Tautan-tautan Akses

Supir Truk Tewas Dihajar Polisi Picu Demonstrasi Massal di Tiongkok


Pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran pada beberapa mobil polisi yang dibakar massa yang marah di kota Luzhou, provinsi Sichuan (17/10).

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran pada beberapa mobil polisi yang dibakar massa yang marah di kota Luzhou, provinsi Sichuan (17/10).

Meskipun tidak jatuh korban, dilaporkan bahwa tujuh mobil polisi dibakar selama kerusuhan dalam demonstrasi massal 10.000 warga di provinsi Sichuan, Rabu (17/10).

Sekitar 10.000 warga Tiongkok melakukan kerusuhan di provinsi Sichuan hari Rabu setelah penduduk mengatakan, seorang supir truk dihajar hingga tewas oleh polisi setelah ditilang.

Kantor berita Xinhua mengatakan, keadaan sudah kembali tenang di kota Luzhou Kamis pagi. Meskipun tidak jatuh korban, dilaporkan bahwa tujuh mobil polisi dibakar selama kerusuhan itu. Laporan melalui Internet mengatakan, polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa, yang menyerang polisi dengan batu dan botol.

Media resmi segera membantah laporan bahwa supir itu, yang diidentifikasi sebagai penduduk Luzhou bernama Gan Junyuan, meninggal karena dihajar polisi.

Harian Global Times yang dikontrol Partai Komunis mengutip para pejabat mengatakan, Gan meninggal karena penyakit akut setelah diberitahu agar memindah truknya yang diparkir secara ilegal. Menurut Xinhua, Gan tiba-tiba merasa tidak enak badan, dan meninggal selagi bergulat dengan polisi. Dikatakan, dokter yang didatangkan tidak dapat menyelamatkan nyawa Gan.

Foto dan video yang beredar di media sosial Tiongkok, yang tidak dapat dikukuhkan secara independen, menunjukkan mayat Gan tergeletak di dekat truk, sementara polisi mencegah para demonstran yang berusaha mendekat.
XS
SM
MD
LG