Tautan-tautan Akses

Kematian Pejabat Vietnam Tinggalkan Tuduhan Korupsi


Vietnam

Vietnam

Pengacara HAM Vietnam dan aktivis-aktivis lain mengatakan kematian mendadak wakil menteri keamanan publik negara itu, Pham Quy Ngo, merupakan kejutan bagi banyak pihak tetapi juga meninggalkan tuduhan korupsi yang belum terjawab.

Pham Quy Ngo, yang akan dimakamkan sebagai pejabat tinggi itu, meninggal hari Selasa setelah dilaporkan menderita penyakit kanker hati.

Pham Quy Ngo meninggal sehari setelah seorang pejabat senior mengusulkan ia dinonaktifkan dari jabatan sehubungan dengan penyelidikan aktivitasnya. Sebelumnya ia telah membantah tuduhan yang dikenakan terhadap dirinya itu.

Berita sakitnya Pham Quy Ngo bocor bulan lalu setelah Duong Chi Dung, mantan direktur utama perusahaan pengiriman milik negara yang namanya tercemar, mengatakan ia mendapat informasi dari Ngo bahwa ia ditargetkan untuk dituntut. Dengan informasi tersebut, Dung mengatakan, ia berhasil melarikan diri dari Vietnam.

Direktur utama BUMN pengiriman itu kemudian diekstradisi dari Kamboja, diadili dan dihukum mati atas tuduhan penggelapan. Ia bersaksi bahwa ia telah membayar suap $1,5 juta lebih kepada Pham Quy Ngo.
XS
SM
MD
LG