Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Serukan Pemberantasan AIDS sebelum 2030


Pemerintah AS menargetkan agar 7 juta orang penderita AIDS di seluruh dunia bisa mendapat obat anti-retroviral (foto: dok).

Pemerintah AS menargetkan agar 7 juta orang penderita AIDS di seluruh dunia bisa mendapat obat anti-retroviral (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-moon memuji kemajuan yang dicapai dunia dalam melawan AIDS, tetapi memperingatkan “kemajuan itu masih rapuh.”

Dalam pernyataan hari Senin (1/12) untuk memperingati Hari AIDS Sedunia, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menegaskan pentingnya menyediakan pengobatan, terutama bagi anak-anak dan perempuan muda. Ia mendesak para pemimpin dunia agar melakukan apa yang diperlukan guna memberantas AIDS sebelum tahun 2030.

Di seluruh dunia, menurut PBB, 35 juta orang mengidap HIV, virus penyebab AIDS, dan 19 juta di antaranya tidak tahu bahwa mereka mengidap virus itu. Dalam Hari AIDS Sedunia, PBB mengimbau diatasinya hal itu dengan melakukan pengetesan dan penyediaan obat-obat anti-virus.

Di Afrika Sub-Sahara terdapat lebih dari 70 persen pengidap HIV, tetapi penderita baru di sana turun sepertiganya sejak tahun 2005. Sementara itu, penularan meningkat dalam periode tersebut di Timur Tengah dan Afrika Utara, serta Eropa Timur dan Asia Tengah.

Presiden Barack Obama mengatakan Amerika tetap berkomitmen untuk memimpin usaha melawan HIV/AIDS. Dalam pernyataan yang dirilis untuk Hari AIDS Sedunia, ia mengatakan, sebagai bagian dari rencana Amerika untuk mengatasi AIDS, sekitar 7 juta orang di seluruh dunia mendapat obat anti-retroviral.

XS
SM
MD
LG