Tautan-tautan Akses

Keluarga Pearl Puji Penangkapan Tersangka Pembunuh


Wartawan Wall Street Journal Daniel Pearl yang tewas dibunuh di Karachi, Pakistan tahun 2002 (foto: dok).

Wartawan Wall Street Journal Daniel Pearl yang tewas dibunuh di Karachi, Pakistan tahun 2002 (foto: dok).

Daniel Pearl adalah wartawan AS dan kepala biro harian Wall Street Journal di Asia Selatan yang diculik dan dibunuh di Karachi, Pakistan pada tahun 2002.

Keluarga Daniel Pearl, wartawan Amerika yang tewas dibunuh, menyambut baik penangkapan seorang mantan pemimpin militan di Pakistan, yang dituduh terlibat dalam pembunuhan Daniel tahun 2002.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan melalui Yayasan Daniel Pearl yang berbasis di New York, Senin malam, Ruth dan Judea Pearl menyambut baik kabar tersebut.

Para pejabat keamanan Pakistan mengatakan mereka menangkap Qari Abdul Hai hari Minggu dalam suatu operasi keamanan di Karachi. Hai pernah memimpin Lashkar-e-Jhangvi, kelompok militan Muslim Sunni terlarang yang telah melancarkan sejumlah serangan di Pakistan, khususnya terhadap kelompok minoritas Syiah.

Belum jelas apa peran Hai dalam penculikan dan pembunuhan Daniel.

Daniel Pearl adalah kepala biro Wall Street Journal di Asia Selatan sewaktu ia diculik di Karachi pada Januari 2002. Ketika itu ia sedang melakukan riset untuk menyusun artikel mengenai militan Islamis. Ia berusia 38 tahun sewaktu tewas dibunuh.

Khalid Sheikh Mohammed, militan al-Qaida yang mengaku bertanggung jawab atas serangan-serangan 11 September, mengatakan, ia memancung Pearl setelah penculikan tersebut.
XS
SM
MD
LG