Tautan-tautan Akses

Keluarga Nelson Mandela Akhiri Masa Berkabung


Zenani Mandela (kanan), putri mendiang presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, beserta anggota keluarga lain di Pretoria. (Foto: Dok)

Zenani Mandela (kanan), putri mendiang presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, beserta anggota keluarga lain di Pretoria. (Foto: Dok)

Masa berkabung bagi orang Afrika Selatan biasanya berlangsung satu tahun, tetapi keluarga Mandela memutuskan untuk berkabung selama hanya enam bulan.

Keluarga mendiang Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela mengakhiri masa berkabung tradisional baginya Minggu (15/6) dengan upacara pencucian dan pembakaran pakaian hitam berkabung mereka.

Mereka berkumpul di rumah keluarga Mandela di kota Qunu, sementara masyarakat setempat merayakan kehidupannya dengan memanggang seekor biri-biri dan minum bir.

Masa berkabung bagi orang Afrika Selatan biasanya berlangsung satu tahun, tetapi keluarga Mandela memutuskan untuk berkabung selama hanya enam bulan. Orang yang berkabung harus mengenakan pakaian hitam dan menghindar terlihat oleh publik.

Mandela, presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan, meninggal dunia 5 Desember lalu. Ia diagung-agungkan di seluruh dunia ketika meringkuk hampir 30 tahun dalam penjara atas perjuangannya melawan ketidak-setaraan rasial di Afrika Selatan yang dikenal sebagai apartheid.
XS
SM
MD
LG