Tautan-tautan Akses

Keluarga Berduka, Presiden Jokowi Tetap Melawat ke AS

  • Yudha Satriawan

Presiden Jokowi dan ibu negara, Iriana tiba di rumah duka di kawasan Manahan, Solo, Sabtu pagi (24/10).

Presiden Jokowi dan ibu negara, Iriana tiba di rumah duka di kawasan Manahan, Solo, Sabtu pagi (24/10).

Keluarga Presiden Jokowi di Solo berduka. Nenek Presiden Jokowi meninggal dunia, menjelang keberangkatan Presiden ke Amerika Serikat hari ini.

Deretan karangan bunga ungkapan duka cita tampak di sebuah rumah di kawasan Manahan Solo, Sabtu pagi (24/10). Karangan bunga dari Panglima TNI, Petinggi TNI Amgkatan Darat, Angkatan Udara hingga KAPOLRI dan para menteri Kabinet Kerja. Ternyata, yang meninggal dunia yaitu Sani wiroredjo, nenek Presiden Jokowi.

Juru bicara keluarga Presiden Jokowi, Anto, mengatakan eyang Sani berusia sekitar 100 tahun dan meninggal dunia tadi malam (23/10). Menurut Anto, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga Presiden Jokowi di Gondangrejo Karanganyar, dekat makam Ayah Presiden Jokowi, Notomiharjo, hari ini.

“Ya meninggalnya tadi malam, usia eyang sudah 100 tahun..tidak ada gejala sakit kok. Selama ini memang ada pengasuhnya untuk mengurusi keperluan eyang Sani. Dimakamkan di pemakaman keluarga di Karanganyar. Eyang Sani ini, neneknya Pak Jokowi, ibu dari ibundanya Pak Presiden Jokowi,” kata Anto.

Presiden Jokowi tampak mendatangi rumah duka. Presiden mendampingi ibundanya, Sujiatmi, bersama keluarga besarnya menyalami warga yang datang ke rumah duka. Sekitar satu jam Presiden berada di rumah tersebut. Presiden Jokowi mengaku sangat dekat dengan neneknya tersebut. Jokowi teringat masa kecilnya dengan eyang Sani, sebutan untuk neneknya ini.

“Eyang atau Simbah saya ini selalu mengajak saya pulang ke desa di Karanganyar kalau setiap minggu. Saya diajak ke desa di sana, saya memang dekat dengan nenek saya ini. Nenek saya ini selalu berpesan laku sing apik lan bener, berlaku atau bertindaklah yang baik dan benar..sederhana. Ya ini kami sedang berduka. Saya balik ke Jakarta lagi ini, siap berangkat ke Amerika Serikat sore ini,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi dan keluarga sedang berduka. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, saat ditemui mendampingi Presiden menyatakan jadwal lawatan Presiden ke Amerika Serikat tetap sesuai rencana hari ini meski keluarga Presiden sedang berduka.

“Ya... ini memang Presiden dan keluarga sedang berduka, sampai saat belum ada perubahan jadwal kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat..masih on schedule. Sebelum melawat ke AS, Presiden Jokowi sudah berkoordinasi dengan Wapres dan para menteri di Kabinet Kerja untuk tetap fokus mengatasi sejumlah persoalan yang terjadi di dalam negeri yaitu penanganan asap kebakaran hutan dan lahan. Saat ini Menkopolhukam, Menkes, dan menteri terkait sedang berada di lapangan untuk terus memantau kondisi wilayah dan masyarakatnya,” jelas Mensekneg Pratikno. [yd/eis]

XS
SM
MD
LG