Tautan-tautan Akses

Keluarga Afghanistan yang Ditahan di Los Angeles akan Dibebaskan


Pengacara keluarga Afghanistan yang ditahan di bandar udara Los Angeles, berbicara kepada wartawan di depan pengadilan federal di Santa Ana, California (6/3). (AP/Nick Ut)

Sebuah keluarga Afghanistan yang punya visa khusus dan ditahan sejak tiba di Los Angeles pekan lalu, akan dibebaskan, kata pengacara mereka Senin (6/3).

Seorang hakim federal melarang pihak berwenang mengusir keluarga itu dari California dan mengatakan sidang akan digelar untuk membahas kasus mereka.

Tidak jelas mengapa keluarga itu ditahan. Badan Imigrasi dan Bea Cukai Amerika tidak berkomentar selain mengatakan akan mematuhi perintah hakim.

Keluarga yang tidak disebutkan namanya itu terdiri dari ayah, ibu dan tiga anak yang berusia tujuh tahun, enam tahun dan delapan bulan. Mereka tiba di AS Kamis lalu dalam perjalanan ke Seattle, negara bagian Washington, untuk bermukim di sana, tetapi ditahan di Bandara Internasional Los Angeles. Mereka telah diberi visa imigrasi khusus setelah melalui pemeriksaan yang ketat.

Sang ayah bekerja untuk pemerintah AS di Afghanistan. Pengacara mereka, Mark Rosenbaum mengatakan, dia senang keluarga itu akan dibebaskan, tetapi mengatakan mereka seharusnya tidak ditahan sama sekali.

"Orang ini telah mengabdi kepada Amerika Serikat dan membantu militer. Penahanan mereka hanya akan dimanfaatkan oleh musuh-musuh kita," kata Rosenbaum. [ps/isa]

XS
SM
MD
LG