Tautan-tautan Akses

Kelompok HAM Imbau Venezuela Hentikan Sensor dan Intimidasi Terhadap Media


Para pekerja stasiun Televisi milik oposisi Venezuela, Globovision, tengah bekerja di studio utama Stasiun tersebut di Caracas, Venezuela (Foto: dok).
Para pekerja stasiun Televisi milik oposisi Venezuela, Globovision, tengah bekerja di studio utama Stasiun tersebut di Caracas, Venezuela (Foto: dok).

Sebuah kelompok HAM mengatakan Venezuela harus menghentikan sensor dan intimidasi terhadap media yang mempertanyakan sikap pemerintah terkait isu pelantikan Presiden.

Sebuah kelompok HAM mengatakan Venezuela harus menghentikan sensor dan intimidasi terhadap media yang mempertanyakan sikap pemerintah atas kesehatan dan pelantikan Presiden Hugo Chavez.

Chavez belum terlihat dan terdengar di hadapan publik sejak menjalani pembedahan kanker keempatnya di Kuba 11 Desember lalu.

Human Rights Watch mengatakan CONATEL – badan telekomunikasi yang dikontrol pemerintah – memerintahkan stasiun televisi Globovision pada tanggal 9 Januari untuk berhenti mengudarakan empat iklan layanan masyarakat dan tayangan serupa yang mengecam sikap pemerintah mengenai apakah pelantikan presiden bisa dilangsungkan tanggal 10 Januari – sesuai Undang-undang Dasar – tanpa kehadiran presiden di Venezuela.

HRW mengatakan CONATEL membenarkan tindakannya terhadap Globovision dengan alasan undang-undang penyiaran Venezuela melarang penayangan materi yang menimbulkan kecemasan masyarakat dan mengancam tata tertib publik.

Recommended

XS
SM
MD
LG