Tautan-tautan Akses

Kelompok Saingan Ahmadinejad Menangkan Pemilu Perlemen Iran


Ayatollah Ali Khamenei saat memberikan suara dalam pemilu parlemen Iran di Teheran (3/3). Kelompok konservatif pendukung Khamenei memenangkan pemilu Iran.

Ayatollah Ali Khamenei saat memberikan suara dalam pemilu parlemen Iran di Teheran (3/3). Kelompok konservatif pendukung Khamenei memenangkan pemilu Iran.

Lebih dari separuh pemenang kursi parlemen adalah kelompok konservatif garis keras pengecam kebijakan Presiden Ahmadinejad.

Kelompok konservatif pengecam Presiden Mahmoud Ahmadinejad telah mengalahkan para pendukungnya yang duduk dalam hampir semua kursi parlemen, menurut hasil pemilu parlemen yang baru diumumkan.

Kantor berita yang dikelola pemerintah Iran "Press TV" mengatakan, hasil pemilu parlemen hari Minggu itu telah menunjukkan bahwa 200 dari 290 kursi parlemen telah dimenangkan. Lebih dari separuh pemenang adalah kelompok konservatif yang mendukung Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dan menentang kebijakan-kebijakan Presiden Ahmadinejad. Presiden Ahmadinejad menimbulkan kemarahan para pendukung setia Ali Khamenei tahun lalu, karena menentang wewenang pemimpin tertinggi itu dalam penunjukkan sejumlah pejabat tinggi.

Para pendukung setia Ali Khamenei yang memenangkan kursi di parlemen mencakup ketua parlemen Ali Larijani dan Gholam Ali Haddad Adel – menantu Ali Khamenei. Hasil tersebut menunjukkan kelompok konservatif yang mengecam Presiden Ahmadinejad juga memenangkan mayoritas kursi di kawasan-kawasan pedalaman, dimana dalam pemilu sebelumnya dikuasai pendukung Ahmadinejad.

Saudara perempuan Presiden Ahmadinejad – Parvin – juga tidak berhasil mendapat kursi di parlemen.

Pemerintah Iran mengatakan 30 kursi harus diperebutkan dalam pemilu tambahan dalam beberapa pekan mendatang. Hasil perolehan sisa kursi diperkirakan akan diumumkan hari Minggu.

Pemimpin kelompok oposisi reformis utama di Iran memboikot pemilu hari Jumat. Kebanyakan dari mereka telah dipenjara, berada dalam tahanan rumah atau berbagai bentuk larangan lainnya agar tidak bisa bekerja. Hasil sementara menunjukkan hanya seorang tokoh reformis yang terpilih – yaitu Alireza Mahjoub yang berhasil mempertahankan kursinya di Iran.

Sejumlah tokoh reformasi menggelar demontrasi menentang terpilihnya kembali Presiden Ahmadinejad, mengklaim pemilu tahun 2009 itu telah dicurangi. Pemerintah Ahmadinejad menyangkal tuduhan itu dan menekan keras para demonstran.

XS
SM
MD
LG