Tautan-tautan Akses

Kelompok Maoists India Bebaskan Sandera Italia


Sandera Italia yang dibebaskan pemberontak Maoist, Claudio Colangelo (kiri) bersama kawannya Paolo Bosusco (kanan) yang hingga kini masih disandera.
Sandera Italia yang dibebaskan pemberontak Maoist, Claudio Colangelo (kiri) bersama kawannya Paolo Bosusco (kanan) yang hingga kini masih disandera.

Pemberontak Maoist di negara bagian Orissa di India timur telah membebaskan satu dari dua orang warga Italia yang diculik hampir dua minggu lalu.

Warga Italia, Claudio Colangelo, yang dibebaskan hari Minggu, menggambarkan pengalamannya sebagai mengerikan. Ia berharap, orang kedua yang diculik itu, Paolo Bosusco juga akan dibebaskan segera.

Colangelo, seorang turis dan pemandu wisata Bosusco disandera oleh pemberontak bersama sopir dan tukang masak mereka yang berkebangsaan India tanggal 14 maret. Kedua orang India itu dibebaskan pada hari yang sama.

Pemberontak mengeluarkan sejumlah tuntutan sebagai syarat pembebasan kedua orang Italia itu, termasuk diakhirinya semua operasi anti-pemberontak yang dilancarkan pemerintah, dan dibebaskannya kawan-kawan mereka yang dipenjara. Pemberontak dilaporkan telah berunding dengan pejabat pemerintah untuk membahas pembebasan sandera itu.

Pemimpin India mengatakan pemberontakan Maoist yang sudah berlangsung 40 tahun merupakan ancaman dalam negeri yang paling besar. Kelompok itu beroperasi di lebih 20 negara bagian dan mengatakan mereka memperjuangkan lapangan kerja dan pembagian tanah bagi orang miskin.

XS
SM
MD
LG