Tautan-tautan Akses

Kelompok Konservatif Ambil Alih Pemerintahan di Perancis


Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menyingkirkan para politisi berhaluan tengah dan kiri yang liberal.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menyingkirkan para politisi berhaluan tengah dan kiri yang liberal.

Pemerintah baru Presiden Sarkozy kini didominasi konservatif, menyingkirkan para politisi berhaluan tengah dan kiri yang lebih liberal.

Pemerintah baru Presiden Perancis Nicolas Sarkozy yang berhaluan konservatif keras mulai bekerja hari Senin, menyingkirkan para politisi berhaluan tengah dan sayap kiri yang dikenal cenderung lebih liberal.

Pemerintah yang baru saja di-reshuffle itu dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan popularitas Sarkozy yang merosot menjelang pemilihan presiden tahun 2012.

Perdana menteri populer negara itu, Francois Fillon, bertahan pada posisinya setelah reshuffle hari Minggu itu, demikian juga Menteri Keuangan Christine Lagarde serta Menteri Dalam Negeri Brice Hortefeux.

Tapi mantan Menteri Luar Negeri Bernard Kouchner yang sosialis diganti, bersama dengan Menteri Lingkungan Jean-Louis Borloo yang berhaluan tengah kanan.

Michele Alliot-Marie yang konservatif menggantikan Kouchner. Mantan perdana menteri Alain Juppe yang berhaluan kanan mengambil alih posisi menteri pertahanan dari Herve Morin, yang berhaluan tengah.

Dalam beberapa bulan terakhir Sarkozy telah bergeser tajam ke haluan kanan dalam isu-isu imigrasi dan perburuhan. Ia mengalahkan protes besar yang dipimpin oleh para pemimpin serikat buruh yang menentang reformasi pensiun.

XS
SM
MD
LG