Tautan-tautan Akses

Kelompok HAM: Pejabat Nigeria Mendapat Peringatan Dini Penyerbuan ke Asrama Putri


Para perempuan membawa plakat dalam protes menuntut pembebasan para siswi asrama putri yang diculik, di desa terpencil Chibok, di Lagos, Nigeria.

Para perempuan membawa plakat dalam protes menuntut pembebasan para siswi asrama putri yang diculik, di desa terpencil Chibok, di Lagos, Nigeria.

Sebuah kelompok HAM mengatakan pasukan keamanan Nigeria telah mendapat peringatan dini mengenai akan adanya penyerbuan sebuah asrama putri dimana militan menculik lebih dari 300 siswi.

Amnesty International mengatakan pasukan keamanan Nigeria gagal mengambil tindakan atas peringatan yang telah diterima lebih dari empat jam sebelum para pejuang Boko Haram menyerang sekolah di kota Chibok itu pada tanggal 14 April.

Kelompok-kelompok HAM menuding adanya “ketidakmampuan mengumpulkan pasukan,” karena minimnya sumber daya dan mungkin ketakutan menghadapi militan yang berbekal senjata yang lebih baik.

Amnesty hari Jumat mengatakan mengetahui tentang peringatan itu dari para pejabat lokal dan dua perwira militer senior. Belum ada tanggapan segera dari pemerintah Nigeria.

Sedikitnya 11 perwira staf militer AS telah tiba di Nigeria untuk membantu menemukan ke-276 anak perempuan yang masih hilang.

Hari Kamis, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan akan melakukan segala yang mungkin untuk membebaskan gadis-gadis itu.

Inggris, China, Prancis dan Kanada juga telah berjanji untuk membantu pencarian.
XS
SM
MD
LG