Tautan-tautan Akses

Kelompok Bersenjata Serang Rombongan Anggota Kongres Filipina, 3 Tewas


Peta wilayah Filipina.

Peta wilayah Filipina.

Rombongan Vicente Belmonte baru saja keluar dari lapangan udara Laguindingan dalam dua mobil menuju Iligan, ketika kawanan bersenjata dalam sebuah mobil van, memblokir jalan mereka dan mulai menembak.

Anggota Kongres Filipina selatan, Vicente Belmonte, mengalami luka ringan setelah diserang oleh gerombolan bersenjata, hari Kamis (11/12), menewaskan sedikitnya dua pengawalnya dan supirnya. Lima pengawal lain serta beberapa pembantunya juga cedera.

Kepala polisi setempat, Brian Inojaldo mengatakan anggota Kongres Belmonte, yang mewakili Iligan City, Mindanao utara tersebut diserbu di kota Laguindingan. Dikabarkan, rombongan Belmonte baru saja keluar dari lapangan udara Laguindingan dalam dua mobil menuju Iligan, ketika kawanan bersenjata dalam sebuah mobil van, memblokir jalan mereka dan mulai menembak.

Belmonte, umur 60 tahun, menceritakan kepada televisi ANC, dia yakin serangan itu "bermotif politik," namun tidak mengenali oknum-oknum tersebut. Perseteruan politik di Filipina terkadang meletus menjadi kekerasan. Kepala polisi Inojaldo mengungkapkan, kendaraan penyerang tadi ditemukan di sebuah desa tak jauh dari lokasi kejadian.

Warga desa memberitahu polisi, mereka melihat sedikitnya tiga orang, termasuk seorang berseragam militer dan bersenapan, meninggalkan tempat itu dengan kendaraan lain. Anggota Kongres Belmonte menderita luka ringan di lengannya.

XS
SM
MD
LG