Tautan-tautan Akses

Kelompok Advokasi AS Undang Suu Kyi untuk Terima Anugerah Warga Negara Global


Tokoh pemimpin oposisi Burma, Aung San Suu Kyi akan menerima penghargaan Warga Negara Global di New York, September mendatang (Foto: dok).

Tokoh pemimpin oposisi Burma, Aung San Suu Kyi akan menerima penghargaan Warga Negara Global di New York, September mendatang (Foto: dok).

Organisasi Dewan Atlantik akan mengundang Aung San Suu-Kyi untuk menerima anugerah Warga Negara Global di New York, 21 September mendatang.

Sebuah kelompok advokasi yang berbasis di Amerika telah mengundang tokoh demokrasi Birma Aung San Suu Kyi berkunjung ke New York untuk menerima penghargaan warga negara global.

Dewan Atlantik menyatakan akan memberi Piagam Warga Negara Global kepada Suu Kyi pada tanggal 21 September. Kelompok itu mencatat pengabdiannya yang tidak tergoyahkan bagi demokrasi dan HAM, serta menyebut Suu-Kyi sebagai simbol internasional bagi kebebasan dan martabat manusia.

Aung San Suu Kyi belum mengukuhkan kehadirannya dan belum pernah mengunjungi Amerika sejak dia bekerja di PBB pada tahun 80an, sebelum terlibat dalam politik Burma.

Dewan Atlantik hari Senin (16/7) mengeluarkan pernyataan bahwa Suu Kyi adalah satu dari empat orang yang akan menerima penghargaan tersebut tanggal 21 September. Ketiga tokoh lain adalah mantan Komisaris Tinggi PBB Urusan Pengungsi Sadako Ogata dari Jepang, mantan Menteri Luar Negeri Amerika Henry Kissinger, dan composer Amerika Quincy Jones.

Ketua Dewan Atlantik, mantan Senator Amerika Chuck Hagel, mengatakan Piagam Warga Negara Global merupakan penghargaan untuk tokoh-tokoh istimewa yang membantu mendefinisikan kewarganegaraan global.

Suu Kyi belum lama ini mengakhiri tour ke Eropa yang mencakup persinggahan di Norwegia untuk menerima Hadiah Nobel Perdamaian yang dimenangkannya tahun 1991. Waktu itu ia tidak dapat datang ke Oslo karena berstatus sebagai tahanan rumah.
XS
SM
MD
LG