Tautan-tautan Akses

Kelompok Advokasi AIDS: Keberhasilan Atasi Epidemi AIDS Masih Jauh dari Nyata

  • Joe de Capua

Penderita HIV/AIDS di Afrika Selatan (foto: dok). Meskipun kematian akibat AIDS berhasil diturunkan, namun keberhasilan memberantas epidemi AIDS dinilai masih jauh dari harapan.

Penderita HIV/AIDS di Afrika Selatan (foto: dok). Meskipun kematian akibat AIDS berhasil diturunkan, namun keberhasilan memberantas epidemi AIDS dinilai masih jauh dari harapan.

Koalisi Advokasi Vaksin AIDS (AVAC), kelompok advokasi AIDS terkemuka, mengatakan sementara berakhirnya epidemi HIV/AIDS agaknya akan bisa menjadi kenyataan, keberhasilannya masih jauh dari kenyataan.

Laporan Koalisi Advokasi Vaksin AIDS (AVAC), kelompok advokasi AIDS terkemuka, tahun 2011 menyebutkan pengakhiran epidemi AIDS dengan cara ini, yaitu secara drastis mengurangi jumlah penularan baru, sambil mempertahankan kesehatan penderita HIV, sehingga penyakit itu tidak berkembang menjadi AIDS dan berakhir dengan kematian.

Mitchell Warren, ketua AVAC, mengatakan, “Pada intinya cara itu adalah mengubah banyak unsur yang menarik dan independen untuk mencari cara-cara yang paling jitu mencegah penularan dan bisa mengakhiri epidemi itu. Apa yang sesungguhnya perlu kita lakukan adalah memastikan kita tidak lagi hanya bicara saja, tetapi bertindak.”

Agenda AVAC bisa diringkas dalam tiga kata: melakukan, menunjukkan, dan mengembangkan. Strategi untuk melakukan mencakup tindakan luas, yaitu pemeriksaan HIV, sunat laki-laki, dan pengobatan.

Menunjukkan dan menyebarkan penyediaan perangkat-perangkat pencegahan HIV paling baru. Ini termasuk mikrobisida dan penggunaan obat-obatan antiretroviral sebagai cara pencegahan, dikenal sebagai prophylaxis sebelum terpapar.

Mitchell Warren, pimpinan eksekutif AVAC.

Mitchell Warren, pimpinan eksekutif AVAC.

Pemecahan dengan cara pengembangan, termasuk pemberian vaksin yang mujarab dan pengobatan.

“Usaha dengan ketiga strategi itu yang dilakukan saat ini akan berdampak besar pada usaha untuk mengendalikan epidemi itu,” papar Warren.

Laporan AVAC menyebutkan menggunakan kemajuan-kemajuan pengobatan AIDS baru-baru ini membutuhkan rencana menyeluruh, berdasarkan hasil penelitian, praktis dan memberi harapan, tetapi cukup realistik apabila ada kemunduran.

Salah satu kendala adalah tingkat pendanaan. Kemajuan-kemajuan dalam pencegahan dan penelitian vaksin terjadi pada masa krisis ekonomi global.

“Semua ini membutuhkan uang, dan akan semakin besar dana yang dibutuhkan, bukannya berkurang. Kita harus paham, jika ini adalah bisnis, ini adalah saat terbaik untuk berinvestasi dalam menanggapi AIDS karena adanya hasil penelitian yang bagus. Melangkah mundur akan menjadi bahaya terbesar karena kemajuan-kemajuan yang berhasil kita buat tidak akan bisa dicapai lagi dengan mudah dan murah,” ujar Warren lagi.

Laporan AVAC menggunakan istilah “mengakhiri epidemi dalam masa hidup kita” yang diartikan berbeda oleh berbagai kelompok. Bagi AVAC itu berarti “masa depan yang dekat”.

XS
SM
MD
LG