Tautan-tautan Akses

Kekerasan di Suriah Melebar Sampai Lebanon


Anak-anak berdiri di dalam truk dekat puing-puing di jalanan kota Damaskus, Suriah. (Foto: Dok)

Anak-anak berdiri di dalam truk dekat puing-puing di jalanan kota Damaskus, Suriah. (Foto: Dok)

Pertempuran di Suriah melebar sampai Lebanon, sementara pejuang Islamis meraih banyak kemajuan di Suriah utara.

Pertempuran di Suriah kembali tumpah ke luar perbatasan hingga memasuki negara tetangganya, Lebanon, di mana pasukan pemberontak yang dibantu para pejuang Islamis tampak meraih lebih banyak kemajuan di Suriah utara.

Para pejabat di Lebanon mengatakan Minggu (9/12), bentrokan senjata yang berlangsung di Tripoli, Lebanon Utara, menewaskan sedikitnya empat orang. Kekerasan maut itu berlangsung antara pendukung pemberontak Suriah dari kelompok Sunni di kawasan permukiman Bab Tabbaneh dengan kelompok Alawi yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad di distrik di dekatnya, Jabal Mohsen.

Sementara itu Presiden Suriah tampak kembali mengalami pukulan setelah sembilan hakim dan jaksa membelot ke pihak oposisi. Para hakim itu juga mengeluarkan seruan di Internet yang mendesak para pejabat lain untuk meninggalkan pemerintah Assad.

Pasukan pemerintah Suriah juga kehilangan kontrol dekat Aleppo, dimana para pejuang Islamis menguasai sebuah pusat komando regional. Kelompok Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris mengatakan, sedikitnya beberapa pejuang terlihat bersama kelompok Jabhat al-Nusra, yang dicurigai memiliki hubungan dengan al-Qaida.
XS
SM
MD
LG