Tautan-tautan Akses

Kekerasan Meningkat di Ibukota Somalia


Militan al-Shabaab kembali melakukan serangan terhadap tentara pemerintah di ibukota Somalia (foto: dok).

Militan al-Shabaab kembali melakukan serangan terhadap tentara pemerintah di ibukota Somalia (foto: dok).

Pemerintah Somalia mengatakan laskar al-Shabab telah menyerang tentara di Mogadishu utara, melanjutkan serangkaian serangan di ibukota itu setelah periode yang relatif tenang.

Para pejabat mengatakan kelompok terkait Al-Qaeda itu hari Kamis melancarkan serangan terhadap beberapa posisi pemerintah di distrik Huriwa dan Karan, Somalia utara.

Kedua pihak mengaku telah menimbulkan korban di pihak musuh, meskipun laporan mereka tidak bisa dikukuhkan secara independen.

Al-Shabab menarik mundur laskarnya dari ibukota bulan Agustus lalu setelah pemerintah melancarkan serangan dengan dukungan pasukan Uni Afrika. Kelompok Islamis itu mengatakan tindakan tersebut "langkah taktis" dan bertekad akan kembali.

Sejak akhir November telah terjadi 15 serangan bom di Mogadishu, dan pemerintah menuduh al-Shabab melakukan serangan-serangan itu.

Dalam wawancara dengan VOA hari Kamis, seorang mantan pejabat Badan Keamanan Nasional Somalia mengatakan Al-Shabab tampaknya telah mengadopsi siasat gerilya untuk membuat Mogadishu tidak stabil.

Kolonel Abdulahi Ali Maow juga mengatakan al-Shabab tampaknya telah menciptakan satuan laskar yang lebih canggih, sebagian di antaranya mungkin telah menyusup ke dalam pasukan pro-pemerintah.

XS
SM
MD
LG