Tautan-tautan Akses

Kekerasan Demonstrasi Pro-Morsi di Kairo, 34 Tewas


Tentara Mesir berkendaraan lapis baja bergerak menuju Lapangan Tahrir di Kairo (8/7).

Tentara Mesir berkendaraan lapis baja bergerak menuju Lapangan Tahrir di Kairo (8/7).

Kementerian Kesehatan Mesir mengatakan 34 orang tewas dalam kekerasan di luar sebuah gedung militer di Kairo, saat para pendukung Presiden Mohamed Morsi melakukan aksi protes.

Ikhwanul Muslimin pimpinan Morsi menyalahkan militer, dengan mengatakan tentara menembaki para demonstran hari Senin (8/7) di markas besar Pengawal Republik.

Kelompok itu menyerukan aksi demo untuk menentang apa yang mereka sebut orang-orang “yang ingin mencuri revolusi dengan tank-tank.”

Militer memberikan versi yang berbeda mengenai peristiwa tersebut, dengan mengatakan “kelompok teroris” sebelumnya berusaha menyerbu gedung itu dan bahwa seorang tentara tewas.

Di tempat lain di Kairo, tank-tank dikerahkan dekat Lapangan Tahrir, Senin (8/7).

Ketegangan memuncak antara pendukung dan penentang Morsi sejak militer menggulingkannya Rabu lalu.

Kedua pihak telah melancarkan demonstrasi besar-besaran di Kairo dan kota-kota lain. Bentrokan-bentrokan hari Jumat telah menewaskan sedikitnya 36 orang dan lebih 1.000 orang cedera di seluruh negara itu.

Dalam menanggapi kekerasan hari Senin itu, Partai Salafi Nour yang ultra-konservatif mengatakan menarik diri dari pembicaraan untuk membentuk pemerintahan baru.
XS
SM
MD
LG