Tautan-tautan Akses

AS

Kejaksaan Baltimore Tuntut 6 Polisi Terkait Kematian Tahanan


Kepala Jaksa Baltimore, Marilyn Mosby, memberikan keterangan kepada media di Baltimore (1/5).

Kepala Jaksa Baltimore, Marilyn Mosby, memberikan keterangan kepada media di Baltimore (1/5).

Jaksa mengatakan Freddie Gray tidak diamankan dengan sabuk pengaman sebagaimana mestinya dan petugas polisi tidak berusaha mencari atau memberi pertolongan medis.

Kepala jaksa di kota Baltimore mengumumkan tuduhan pidana terhadap enam petugas polisi yang terlibat dalam penangkapan Freddie Gray, katanya pemeriksaan medis oleh negara bagian telah menentukan kematian Freddie Gray dalam tahanan polisi adalah pembunuhan.

Jaksa Maryln Mosby, Jumat (1/5) mengatakan Freddie Gray menderita cedera leher yang parah dan kritis ketika diangkut ke dalam mobil van polisi tanggal12 April.

Jaksa mengatakan Freddie tidak diamankan dengan sabuk pengaman sebagaimana mestinya dan petugas polisi tidak berusaha mencari atau memberi pertolongan medis, bahkan ketika Freddie Gray mengatakan ia membutuhkan pertolongan medis. Mosby juga menyebut penahanan itu "ilegal", katanya pisau yang ditemukan pada laki-laki kulit hitam berusia 25 tahun itu bukan pisau lipat yang dilarang dan karenanya Freddie tidak melanggar hukum membawa pisau tersebut.

"Ini benar-benar penting bahwa kebenaran diungkapkan, apa yang terjadi pada Freddie Gray," kata Presiden Barack Obama di Gedung Putih, Jumat (1/5), setelah tuduhan itu diumumkan.

Tuduhan-tuduhan itu antara lain pembunuhan tingkat kedua untuk salah satu petugas polisi, serta pembunuhan tidak disengaja, penyerangan tingkat kedua, kesalahan penanganan di kantor polisi dan pemenjaraan tidak sah.

Keenam polisi dibebaskan dengan jaminan hari Jumat setelah mereka ditangkap dan didakwa. Tiga petugas polisi berkulit putih dan tiga polisi lainnya berkulit hitam.

XS
SM
MD
LG