Tautan-tautan Akses

Kegiatan Seismik Picu Spekulasi Uji Coba Nuklir Korea Utara


Warga Seoul, Korea Selatan menonton berita mengenai terjadinya "gempa" di sekitar fasilitas nuklir Korea Utara, yang memicu spekulasi kemungkinan uji coba nuklir di sana (6/1).

Warga Seoul, Korea Selatan menonton berita mengenai terjadinya "gempa" di sekitar fasilitas nuklir Korea Utara, yang memicu spekulasi kemungkinan uji coba nuklir di sana (6/1).

Kegiatan seismik yang tidak biasa telah terdeteksi di Korea Utara, yang memicu spekulasi bahwa Pyongyang mungkin telah melakukan uji coba nuklir yang ke-4.

Gempa bumi yang tampaknya buatan manusia di dekat tempat yang diketahui sebagai fasilitas uji-coba nuklir Korea Utara dideteksi oleh beberapa badan pemantau hari Rabu (6/1).

Dinas Survei Geologi Amerika melaporkan gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter yang menurut Korea Selatan berpusat sekitar 50 kilometer dari Punggye-ri di mana Korea Utara melakukan uji coba nuklir pada waktu lampau. Kalau dikukuhkan, ini adalah uji coba nuklir ke-4 serupa yang dilakukan Korea Utara.

Pejabat Dinas Meteorologi Korea Selatan mengatakan kepada kantor Reuters lewat telepon, “Kami duga itu gempa bumi buatan manusia dan kami sedang menganalisa skala dan episenter gempa itu bersama Lembaga Geosains dan Sumber Mineral Korea Selatan.”

Pusat Jaringan Gempa China mengatakan kegiatan seismik tidak biasa itu “diduga adalah sebuah ledakan.”

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan, kementerian luar negeri di Seoul sedang mengadakan sidang darurat.

Korea Utara telah melakukan tiga kali ujicoba nuklir: tahun 2006, 2009 dan 2013 – semuanya di Punggye-ri.

Para periset di Institut Amerika-Korea di Universitas Johns Hopkins mengatakan bulan lalu bahwa gambar satelit baru-baru ini menunjukkan Korea Utara menggali terowongan baru di Punggye-ri.

“Meskipun tidak ada indikasi bahwa uji coba akan segera dilakukan, terowongan baru itu menambah kemampuan Korea Utara untuk melakukan peledakan lagi dalam tahun-tahun mendatang kalau memang menghendakinya,” kata mereka pada waktu itu. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG