Tautan-tautan Akses

Kedutaan Rusia di Libya Diserang


Pemerintah Libya kesulitan untuk mengendalikan milisi bersenjata di Libya (foto: dok). Sejumlah orang bersenjata menyerang Kedutaan Rusia di Tripoli, Rabu 2/10.

Pemerintah Libya kesulitan untuk mengendalikan milisi bersenjata di Libya (foto: dok). Sejumlah orang bersenjata menyerang Kedutaan Rusia di Tripoli, Rabu 2/10.

Para pejabat Rusia mengatakan sekelompok orang berupaya memaksa masuk ke kompleks Kedutaan Besar Rusia di Libya dan melepaskan tembakan hari Rabu (2/10).

Sumber-sumber diplomatik Rusia di Libya mengatakan tidak ada staf kedutaan yang luka dalam serangan hari Rabu di Tripoli itu. Mereka mengatakan beberapa penyerang melepaskan tembakan dan merobek-robek bendera Rusia.

Sumber-sumber itu mengatakan situasi kini sudah terkendali.

Alasan serangan itu belum jelas. Tetapi beberapa laporan mengatakan para penyerang tampaknya membalas pembunuhan seorang perwira militer Libya. Sumber-sumber itu menambahkan seorang wanita Rusia diduga terlibat dalam pembunuhan itu.

Insiden itu merupakan satu dari beberapa serangan atas misi-misi diplomatik di Libya. Bulan April lalu sebuah ledakan di Kedutaan Besar Perancis di Tripoli melukai dua penjaga dan menimbulkan kerusakan hebat. Libya menyebut serangan itu insiden “teroris”. Sementara serangan terhadap konsulat Amerika di Benghazi pada 11 September 2012 menewaskan Duta Besar Amerika Christopher Stevens dan tiga warga Amerika lainnya.

Libya sedang berjuang keras mengatasi instabilitas dan kekerasan sejak tergulingnya Moammar Gadhafi – diktator yang lama berkuasa – pada akhir tahun 2011.
XS
SM
MD
LG