Tautan-tautan Akses

Kedubes AS di Saudi Peringatkan Kemungkinan Komplotan Teroris Penculik


Pasukan khusus anti-teror Arab Saudi melakukan latihan (foto: dok). Kedubes AS di Saudi khawatir kemungkinan penyusupan teroris dari Yaman ke Saudi.

Pasukan khusus anti-teror Arab Saudi melakukan latihan (foto: dok). Kedubes AS di Saudi khawatir kemungkinan penyusupan teroris dari Yaman ke Saudi.

Kedutaan Amerika di Arab Saudi melalui situs webnya memperingatkan warga Amerika untuk melakukan langkah-langkah keamanan menghadapi kemungkinan adanya komplotan pelaku penculikan.

Kedutaan Besar Amerika di Arab Saudi memperingatkan sebuah kelompok teroris mungkin berencana menculik orang-orang Barat di Ibukota Riyadh, dan mendesak warga Amerika agar berhati-hati.

Dalam sebuah pesan yang dipasang di situs web hari Rabu, Kedutaan Amerika menasihatkan agar warga Amerika melakukan langkah-langkah keamanan, termasuk menukar kebiasaan perjalanan rutin dan mengurangi penampilan di tempat-tempat umum. Tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai komplotan itu.

Arab Saudi telah melakukan penumpasan terhadap militan Islam sejak cabang al Qaida di Arab Saudi melancarkan gelombang serangan di negara itu tahun 2003, termasuk serangan bunuh diri dan penembakan yang menewaskan puluhan warga Arab Saudi dan orang asing. Paling sedikit 11 orang Amerika tewas.

Pasukan Keamanan Arab Saudi menumpas sebagian besar militan tahun 2006, menangkap atau membunuh sebagian besar pemimpinnya yang terkenal. Tetapi pemerintah takut al Qaida bisa menggunakan pangkalannya di negara tetangga, Yaman untuk memulai operasi di Arab Saudi.

Pihak berwenang Arab Saudi juga prihatin bahwa Iran bisa memicu sengketa di kalangan golongan minoritas Syi’ah untuk menggoyahkan kerajaan itu, di mana terdapat tempat-tempat suci Islam.

XS
SM
MD
LG