Tautan-tautan Akses

Kedubes AS Rayakan Hari Kemerdekaan Lebih Awal

  • Alina Mahamel

Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake menyampaikan sambutan dalam resepsi kemerdekaan AS di kediamannya di Jakarta. (VOA/Alina Mahamel)

Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake menyampaikan sambutan dalam resepsi kemerdekaan AS di kediamannya di Jakarta. (VOA/Alina Mahamel)

Peringatan Hari Kemerdekaan AS tahun ini bertema “American Innovation, Imagine-Create and Inspire (Inovasi Amerika, Imajinasi, Kreasi dan Menginspirasi)".

Tiupan terompet dan musik yang dimainkan oleh Band Angkatan Laut AS mengiringi pembukaan perayaan ulang tahun kemerdekaan AS ke-238 yang digelar oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O. Blake di kediamannya di depan Taman Surapati, Jakarta Pusat, Rabu malam (25/6).

"Ini hari yang sangat spesial untuk kami di Amerika. Ketika semua warga Amerika berkumpul bersama dengan kawan dan keluarga menonton kembang api dan memperingati penandatanganan proklamasi kemerdekaan," ujar Blake.

Perayaan ini diadakan lebih awal karena 4 Juli bertepatan dengan bulan puasa di Indonesia.

Para duta besar negara sahabat, pejabat pemerintah, pebisnis, dan tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai kalangan hadir dalam peringatan yang bertema “American Innovation, Imagine-Create and Inspire (Inovasi Amerika, Imajinasi, Kreasi dan Inspirasi)".

Sejumlah inovasi teknologi Amerika ditampilkan, mulai dari teknologi luar angkasa hingga otomotif, serta berbagai produk industri makanan dan minuman khas Amerika.

“Kami terus melanjutkan langkah penuh tantangan dan kemungkinan di masa depan, persamaan, hak individu, kebebasan dan peluang-peluang yang ada. Kami berbagi dan mempromosikan nilai-nilai ini kepada dunia dan juga Indonesia," ujar Duta Besar Blake.

Sementara itu, terkait dengan kerjasama dengan pemerintah Indonesia mendatang, ia menyatakan dukungannya dan menghormati siapapun yang akan menjadi pilihan rakyat Indonesia.

Duta Besar Blake mengaku terkesan dengan proses demokrasi di Indonesia yang berlangsung jelang pemilihan presiden pada 9 Juli nanti.

“Saya sangat terkesan dengan kandidat-kandidat presiden yang melakukan debat, mereka berbicara dengan media, menggunakan media sosial. Saya mengucapkan selamat pada rakyat Indonesia karena pemilihan umum kali ini menjadi sangat produktif sejauh ini dan menunjukkan kematangan dalam demokrasi Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama nampak diantara sejumlah tamu dan undangan hadir. Ia berharap.

“Hubungan diplomatik yang baik antara kedua negara tetap kita pelihara dan keamanan dunia akan tetap terjaga," ujarnya.

XS
SM
MD
LG