Tautan-tautan Akses

Kedua Korea Sepakat Buka Kembali Kompleks Industri Kaesong


Bis yang membawa delegasi Korea Selatan meninggalkan Kaesong City setelah pertemuan yang menyepakati pembukaan kembali kawasan tersebut (14/8).

Bis yang membawa delegasi Korea Selatan meninggalkan Kaesong City setelah pertemuan yang menyepakati pembukaan kembali kawasan tersebut (14/8).

Korea Utara dan Selatan setuju untuk membuka kembali kawasan industri dan mencegah penutupan kawasan tersebut di masa datang.

Korea Utara dan Korea Selatan telah setuju untuk membuka kembali kompleks industri bersama Kaesong, yang ditutup sebelumnya tahun ini sewaktu ketegangan militer meningkat.

Dalam sebuah pernyataan bersama, kedua pihak mengatakan kesepakatan mencakup janji dari kedua pihak untuk mencegah penutupan di masa depan, sebuah tuntutan utama dari Korea Selatan untuk membuka kembali fasilitas itu.

Kedua pihak juga setuju untuk menarik investasi perusahaan-perusahaan asing ke kompleks industri itu.

Sebuah komisi bersama akan dibentuk untuk memperbaiki fasilitas itu dan memperhitungkan kompensasi bagi perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang terpengaruh penutupan itu. Kedua pihak tidak menetapkan tanggal resmi kapan operasi di kompleks itu berlanjut.

Pada bulan April, Korea Utara menarik 53.000 pekerjanya dari Kaesong karena marah atas latihan militer bersama Amerika-Korea Selatan dan sanksi internasional terhadapnya menyusul uji nuklir pada bulan Februari. Perusahaan-perusahaan Korea Selatan menarik para manajer dan pekerja mereka pada awal Mei.

Putaran baru perundingan itu berlangsung beberapa hari sebelum Amerika dan Korea Selatan memulai latihan militer tahunan yang dapat meningkatkan ketegangan di semenanjung itu.
XS
SM
MD
LG