Tautan-tautan Akses

Tabrakan Kapal Indonesia dan Vietnam, Sedikitnya 3 Tewas, 12 Hilang


Situasi pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan latar belakang kapal pengangkut kontainer yang akan sandar (Foto: ilustrasi)

Situasi pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan latar belakang kapal pengangkut kontainer yang akan sandar (Foto: ilustrasi)

Sedikitnya tiga orang tewas dan 12 lainnya hilang dalam tabrakan antara kapal kargo Vietnam dan kapal penumpang Indonesia di perairan Jawa Timur.

Ketua Badan Mitigasi Bencana Jawa Timur Joko Loediyono mengatakan kapal kargo MV Thaison-4 dan KM Mulya Sejati yang membawa 27 orang, tabrakan Sabtu dini hari di sekitar Tuban.

Sejumlah laporan media yang mengutip keterangan saksi mata mengatakan kapal penumpang Indonesia itu tenggelam setelah ditabrak dari belakang oleh kapal kargo Vietnam, yang kini ditambatkan di Lamongan untuk penyelidikan lebih lanjut. Kapal kargo Vietnam yang mengangkut tepung tapioka itu dilaporkan sedang menuju ke pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Semua korban berasal dari kapal penumpang Indonesia. Tiga tewas, 12 hilang dan 12 lainnya yang berhasil diselamatkan kini dirawat di rumah sakit.

Menurut BASARNAS, tim SAR telah menemukan ketiga mayat di buritan kapal. Pencarian korban hilang lainnya masih dilanjutkan dengan bantuan Angkatan Laut, yang telah mengoperasikan 2 kapal tempur untuk melakukan pencarian bersama helikopter BASARNAS.

Kecelakaan laut kerap terjadi di Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia dimana kapal merupakan sarana transportasi yang paling populer dan relatif murah. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG