Tautan-tautan Akses

Kecelakaan Kapal di Libya, Ratusan Diperkirakan Tenggelam


Para migran naik kapal angkatan laut Italia Scirocco dalam operasi penyelamatan di lepas pantai Libya. (Foto: Dok)

Para migran naik kapal angkatan laut Italia Scirocco dalam operasi penyelamatan di lepas pantai Libya. (Foto: Dok)

Kecelakaan laut di Libya – biasanya akibat perahu yang terlalu padat dan tidak stabil – mengakibatkan ratusan kematian imigran dari Afrika Utara setiap tahun.

Para petugas penjaga pantai Libya mengatakan sebuah perahu yang mengangkut sedikitnya 200 orang terbalik di Laut Tengah, dekat pesisir negara itu.

Sebagian besar orang Libya di kapal kayu berukuran kecil itu dikhawatirkan tenggelam setelah kecelakaan Jumat malam (23/8) itu di sebelah timur ibukota Tripoli. Kurang dari 20 orang sudah diselamatkan, kata penjaga pantai Sabtu.

Libya menjadi titik pemberangkatan utama bagi orang Afrika yang hendak ke Eropa mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik daripada di negara mereka. Kecelakaan di laut – biasanya akibat perahu yang terlalu padat dan tidak stabil – mengakibatkan ratusan kematian imigran dari Afrika Utara setiap tahun.

Jaringan perdagangan manusia terus mengeksplotasi kerusuhan politik dan banyaknya titik perbatasan yang tidak terjaga di Libya sejak 2011, setelah diktator Moammar Gadhafi digulingkan dan tewas.

XS
SM
MD
LG