Tautan-tautan Akses

Kecelakaan Helikopter, 1 Selamat, 4 Hilang


Tim SAR Indonesia di Kalimantan (Foto: dok.)

Tim SAR Indonesia di Kalimantan (Foto: dok.)

Tim SAR di Indonesia hari Minggu (27/11) menemukan puing-puing helikopter TNI dan menyelamatkan pilot yang luka parah, tiga hari setelah helikopter itu dinyatakan hilang di bagian barat Kalimantan. Empat orang lainnya masih hilang.

Helikopter jenis Bell 412 EP itu membawa lima tentara, termasuk dua pilot, menuju ke Long Bawan, sebuah kota terpencil di dekat perbatasan Malaysia ketika hilang kontak dengan pangkalan di Kalimantan Utara beberapa menit setelah mengudara hari Kamis (24/11).

Juru bicara tentara Brigadir Jendral Sabrar Fadhillah mengatakan puing-puing helikopter yang berusia tiga tahun itu terlihat di sebuah daerah di pinggiran distrik Malinau hari Minggu (27/11). Ditambahkannya, cuaca buruk menyulitkan upaya mencapai lokasi kecelakaan itu. Tim SAR hingga kini masih belum menemukan empat tentara yang hilang. “Kami berharap bisa menemukan sisa korban dalam keadaan selamat”, ujar Fadhillah. Ditambahkannya “penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu”.

Helikopter itu membawa 400 kilogram pasokan untuk dikirim ke tentara di perbatasan.

Tahun 2013 lalu sebuah helikopter tentara MI-17 yang membawa tujuh tentara dan 12 warga sipil juga mengalami kecelakaan ketika sedang dalam misi membangun pos perbatasan di Kalimantan Utara. Semua penumpang helikopter itu tewas. [em/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG