Tautan-tautan Akses

Kapal Feri Terbalik di Filipina, 50 Tewas


Penjaga pantai mencari jenazah korban kecelakaan kapal feri MBCA Kim-Nirvana di Ormoc, Filipina bagian tengah (2/7).

Penjaga pantai mencari jenazah korban kecelakaan kapal feri MBCA Kim-Nirvana di Ormoc, Filipina bagian tengah (2/7).

Pihak berwenang di Filipina mengatakan jumlah korban jiwa akibat kecelakaan kapal feri bertambah, dengan 50 orang tewas.

Juru bicara penjaga pantai Komandan Armand Balilo mengatakan 187 penumpang dan awak kapal feri Kim Nirvana telah ditemukan, 142 orang selamat.

Setidaknya 134 penumpang diselamatkan setelah kapal terbalik, Kamis, hanya beberapa saat setelah meninggalkan Ormoc City di pulau Leyte dalam perjalanan menuju kepulauan Camotes.

Aparat mengatakan, Jumat, enam jenazah lagi baru ditemukan dan bahwa cuaca yang buruk menghambat pencarian korban-korban lainnya.

Penyelidikan awal menunjukkan cuaca yang buruk dan human error menjadi penyebab kecelakaan kapal ini.

Saksi mata mengatakan kapal ini dihantam ombak yang kencang, yang membuat kapal berbelok dengan tajam. Ini membuat para penumpang memadati salah satu sisi kapal, yang menjadikan kapal ini terbalik.

Para pekerja hari Jumat menderek kapal yang sebagian tenggelam ini, guna menemukan jenazah para korban.

Kecelakaan feri menewaskan puluhan, bahkan ratusan orang setiap tahunnya di Filipina, disebabkan jumlah penumpang yang melebihi kapasitas dan standar keselamatan yang rendah.

Kapal penumpang adalah salah satu mode transportasi paling penting di negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 7.000 pulau ini.

XS
SM
MD
LG