Tautan-tautan Akses

Kebuntuan soal Pagu Utang AS Tetap Belum Terpecahkan


Ketua DPR AS John Boehner ingin rencana dua langkah untuk mengatasi kemacetan perundingan pagu utang.

Ketua DPR AS John Boehner ingin rencana dua langkah untuk mengatasi kemacetan perundingan pagu utang.

Juru bicara Gedung Putih mengatakan 'kompromi hanya satu-satunya pilihan' karena dampak kegagalan membayar utang teramat besar.

Presiden Amerika Barack Obama dan penentangnya anggota DPR dari partai Republik hari Selasa terus mengalami kebuntuan dalam rencana menaikkan pagu utang negara sementara kemungkinan gagal membayar utang tinggal satu minggu lagi.

Gedung Putih hari Selasa mengatakan Presiden Obama “melakukan apa saja yang bisa dilakukannya” untuk mendapat kompromi mengenai peningkatan pagu pinjaman 14,3 trilyun dolar menjelang batas waktu 2 Agustus, karena Amerika tidak akan punya cukup uang untuk membayar semua utang-utangnya.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan “kompromi hanya satu-satunya pilihan” karena dampak kegagalan membayar utang pada perekonomian dunia “teramat besar”.

Pihak Republik di DPR hari Rabu akan memungut suara mengenai rencana pengurangan defisit yang ditentang Presiden Obama. Ketua DPR John Boehner ingin rencana dua langkah yang akan segera menaikkan pagu pinjaman sampai satu trilyun dolar dan mungkin 1,5 trilyun dolar tahun berikutnya sambil pemerintah memangkas anggaran sampai tiga trilyun dolar selama dekade berikutnya.

Pemimpin DPR itu menyebut usul tersebut “masuk akal dan bertanggung jawab” dan bisa disetujui DPR.

XS
SM
MD
LG