Tautan-tautan Akses

Kebun Binatang Paris yang Berusia 222 Tahun Minta Bantuan Perbaikan Gedung


Salah satu bangunan di kebun binatang di dalam Jardin des Plantes di Paris.

Beberapa bangunannya diklasifikasikan sebagai monumen bersejarah tahun 1993, termasuk gedung beratap jerami untuk kuda-kuda Przewalski yang langka.

Kebun binatang Paris yang berusia 222 tahun, salah satu kebun binatang tertua di dunia, meminta bantuan untuk memperbaiki salah satu gedung bersejarahnya, yang merupakan kandang kuda Przewalski yang sudah langka.

Dibuka tahun 1794, kebun binatang kecil tersebut, yang ada di taman Jardin des Plantes (Kebun Tanaman), merupakan tempat tinggal lebih dari 1.000 binatang dan 180 spesies yang berbeda.

Beberapa bangunannya diklasifikasikan sebagai monumen bersejarah tahun 1993, termasuk gedung beratap jerami untuk kuda-kuda Przewalski. Namun atapnya sekarang bocor dan parit-parit di dalamnya merusak struktur bangunan, menurut Bruno David, presiden Musiem Nasional Sejarah Alam, yang mengelola kebun binatang tersebut.

"Ada banyak gedung asli yang dibangun pada masa Napoleon I, antara 1805 dan 1815. Dan yang satu ini lebih baru, dari tahun 1890," ujar David.

"Yang spesial dari gedung ini adalah kualitas konstruksinya. Ada atap jerami, semak belukar... jadi ini bantunan yang sangat cantik dan orisinal, namun juga sangat rapuh."

Untuk memperbaiki bangunan tersebut, museum dan yayasan independen Fondation du Patrimoine, yang juga mendukung kebun binatang tersebut, telah meluncurkan penggalangan dana secara daring untuk membayar perbaikan yang diperkirakan akan mencapai biaya 88.000 euro ($94.000) -- namun sejauh ini baru terkumpul 480 euro.

Kuda-kuda Przewalski, yang pendek gemuk dengan surai berdiri, masuk ke dalam daftar merah hewan langka dari Serikat Internasional Konservasi Alam, karena telah punah di habitat aslinya di padang-padang rumput Asia sampai 1992. Kebun binatang itu terlibat dalam upaya mengembalikan spesies tersebut ke alam liar. [hd]

XS
SM
MD
LG