Tautan-tautan Akses

Jepang Yakin Kebocoran PLTN Tak Ancam Peluang Selenggarakan Olimpiade


PM Jepang Shinzo Abe mengaku tetap optimis dengan peluang Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 (foto: dok).

PM Jepang Shinzo Abe mengaku tetap optimis dengan peluang Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 (foto: dok).

PM Jepang Shinzo Abe optimis bahwa kebocoran PLTN Fukushima tidak akan mengancam penawaran Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

PM Jepang Shinzo Abe mengatakan kebocoran radioaktif yang sedang berlangsung di PLTN Fukushima tidak akan mengancam penawaran Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Abe, pendukung tenaga Nuklir, mengeluarkan pernyataannya Rabu, sebelum pergi meninggalkan Jepang untuk menghadiri KTT G20 di Rusia. Ia mengatakan kepada wartawan, ia akan pergi ke Argentina untuk menyampaikan kepada Komite Olimpiade Internasional bahwa masalah itu akan diselesaikan sepenuhnya dalam periode waktu tujuh tahun.

Pihak berwenang Jepang baru-baru ini mengakui bahwa ratusan ton air radioaktif bocor ke luar tangki-tangki penyimpanan dan masuk ke Samudera Pasifik di dekatnya.

Kebocoran yang berlangsung itu menimbulkan keraguan atas usaha-usaha membersihkan dan menonaktifkan fasilitas itu, hampir dua setengah tahun setelah dihantam gempa hebat dan tsunami yang memicu bencana nuklir paling buruk di dunia dalam 25 tahun terakhir.
XS
SM
MD
LG