Tautan-tautan Akses

Kebijakan Luar Negeri, Fokus Debat Terakhir Obama-Romney


Capres partai Republik Mitt Romney (kiri) dan Presiden AS Barack Obama akan melakukan debat capres terakhir hari Senin malam ini (22/10).

Capres partai Republik Mitt Romney (kiri) dan Presiden AS Barack Obama akan melakukan debat capres terakhir hari Senin malam ini (22/10).

Presiden AS Barack Obama dan penantang dari partai Republik, Mitt Romney, dijadwalkan berdebat untuk ketiga kalinya dan terakhir Senin ini dengan fokus kebijakan luar negeri.

Berbulan-bulan selama kampanye panjang menuju pemilu 6 November, survei-survei menunjukkan pemilih memberi pemegang jabatan dari Partai Demokrat itu keunggulan yang kuat atas Romney dalam hal kebijakan luar negeri, terutama karena persetujuan Presiden Obama dalam serangan 2011 di Pakistan yang menewaskan Osama bin Laden, dalang dari serangan teroris 2001 di Amerika Serikat.

Pengalaman urusan luar negeri kandidat Partai Republik itu umumnya terbatas pada transaksi bisnis di luar negeri selama karir panjangnya sebagai seorang penanam modal.

Namun, survei baru menunjukkan bahwa Romney telah memangkas tajam anggapan bahwa presiden unggul dalam urusan luar negeri.

Romney dengan tajam mengkritik penjelasan Gedung Putih yang berubah tentang serangan 11 September terhadap konsulat Amerika di Benghazi, Libya yang menewaskan empat diplomat AS.

Selain memperdebatkan serangan Benghazi, kedua kandidat kemungkinan besar akan membahas berbagai isu luar negeri. Diantaranya adalah serangan bin Laden, peran Tiongkok dalam ekonomi dunia, rencana Obama untuk mengakhiri keterlibatan militer Amerika dalam perang melawan Taliban di Afghanistan pada akhir tahun 2014, konflik maut di Suriah, meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran terkait program pengembangan nuklir Teheran, dan hubungan dengan Rusia.

Lima belas hari menjelang pemilu, beberapa survei menunjukkan persaingan berimbang, dengan jajak pendapat baru NBC News / Wall Street Journal menunjukkan masing-masing mengumpulkan 47 persen suara.
XS
SM
MD
LG