Tautan-tautan Akses

Kebebasan Pers Sedunia Menurun Tahun Lalu


Laporan Freedom House Tahun 2015

Laporan Freedom House Tahun 2015

Pelanggar paling buruk, dalam ranking 199 negara dan wilayah organisasi itu adalah Korea Utara, Uzbekistan, Turkmenistan, Belarus, Kuba, Suriah, Iran dan Krimea.

Kebebasan pers sedunia menurun tahun lalu ke tingkat paling rendah dalam lebih 10 tahun, demikian menurut laporan yang dikeluarkan hari Rabu oleh satu organisasi pemantau hak asasi manusia internasional.

Survei tahunan Freedom House itu mengatakan para wartawan di seluruh dunia menghadapi pembatasan yang dikenakan terhadap mereka oleh kekuatan termasuk pemerintah otoriter, teroris, dan pemilik media yang mempunyai kepentingan business.

Pelanggar paling buruk, dalam ranking 199 negara dan wilayah organisasi itu adalah Korea Utara, Uzbekistan, Turkmenistan, Belarus, Kuba, Suriah, Iran dan Krimea. Norwegia, Swedia, dan Belgia menduduki tempat teratas daftar itu.

Dalam keseluruhan, Freedom House mengatakan hanya 14 persen penduduk dunia tinggal di negara-negara bebas “dimana liputan berita politik sangat kuat, keselamatan wartawan dijamin, campur-tangan negara dalam media sangat kecil dan pers tidak dihadapkan dengan tekanan hukum atau ekonomi yang berat.

XS
SM
MD
LG