Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran di Sebuah Pesta di California, 9 Tewas


Gedung tempat pesta musik elektronik yang terbakar di Oakland, California (3/12). (AP/Josh Edelson)

Pihak berwenang menyebut peristiwa itu sebagai kebakaran bangunan paling mematikan di kota itu.

Kebakaran melanda sebuah gudang yang dialihfungsikan menjadi studio seni di Oakland, negara bagian California, Jumat malam (2/12). Insiden itu menewaskan sedikitnya sembilan orang dan para pejabat hari Sabtu mengatakan jumlah korban kemungkinan bisa mencapai 40 orang.

Kepala Pemadam Kebakaran Oakland Teresa Deloche-Reed mengatakan sedikitnya 25 orang belum diketahui nasibnya. Pihak berwenang menyebut peristiwa itu sebagai kebakaran bangunan paling mematikan di kota itu.

Para pejabat belum menyimpulkan penyebabnya. Penyidik telah dikerahkan ke tempat kejadian.

Kebakaran itu terjadi ketika sebuah rave party atau pesta dansa musik elektronik diadakan di tempat itu. Para pejabat mengatakan satu-satunya cara untuk turun dari lantai dua adalah lewat tangga yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Juru bicara Kantor Sherrif di Alameda County, Sersan Ray Kelly, mengatakan, “sepertinya pilihannya keluar atau terperangkap di dalam.”

Perlu 55 petugas pemadam selama sekitar empat jam untuk mengendalikan kebakaran, kata Kepala Batalyon Lisa Baker kepada surat kabar setempat, East Bay Times.

Menurut para pejabat, bangunan itu ditempati sekitar 50 seniman. Sebuah laman Facebook mengenai acara itu menunjukkan bahwa 176 orang berencana datang ke pesta itu. [vm]

XS
SM
MD
LG