Tautan-tautan Akses

Kebakaran Landa Daerah Konflik di Myanmar Barat


Etnis muslim Rohingya melewati tempat pemeriksaan di kota Maungdaw, negara bagian Rakhine, Myanmar (foto: dok).

Etnis muslim Rohingya melewati tempat pemeriksaan di kota Maungdaw, negara bagian Rakhine, Myanmar (foto: dok).

Kebakaran itu terjadi hari Selasa (28/1) di desa Ducheertan barat kota Maungdaw di Myanmar barat di mana terjadi serangan terhadap Muslim Rohingya bulan ini.

Kebakaran yang melanda daerah di Myanmar barat, kembali memicu kontroversi dekat lokasi di mana diduga terjadi serangan terhadap Muslim bulan ini.

Para pejabat mengatakan kebakaran itu terjadi hari Selasa (28/1) di desa Ducheertan barat yang menjadi bagian dari kota Maungdaw di negara bagian Rakhine, Myanmar barat.

Tidak seorangpun cedera dan ditangkap tapi kepala polisi Maungdaw, Shwe Than mengatakan kepada VOA kebakaran itu akibat ulah penduduk desa sendiri.

Pemerintah Myanmar menyangkal laporan bahwa warga Muslim tewas dalam sebuah serangan bulan ini dekat desa Ducheertan tengah.

Hari Selasa, Menteri Luar Negeri Myanmar U Wunna Maung Lwin mengatakan kepada wartawan bahwa Presiden Thein Sein telah memerintahkan komisi penyelidik independen menyelidiki situasi itu.

Duta besar Amerika untuk Myanmar, Derek Mitchell menyambut baik penyelidikan itu namun mengatakan bahwa penyelidikan itu penting agar dilakukan secara adil.
XS
SM
MD
LG