Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Hutan Lahap Ratusan Rumah di California


Rumah-rumah dan komplek apartemen di Middletown, California hangus akibat kebakaran hutan di sana (13/9).

Rumah-rumah dan komplek apartemen di Middletown, California hangus akibat kebakaran hutan di sana (13/9).

Kebakaran hutan sejak hari Sabtu (12/9) di negara bagian California telah menghancurkan 400 rumah dan melukai empat petugas pemadam kebakaran.

Para petugas pemadam kebakaran di negara bagian California, terus berusaha memadamkan kebakaran hutan, termasuk yang berlangsung di sebelah barat ibukota negara bagian itu, yang telah membakar lebih dari 20 hektar lahan sejak Sabtu (12/9).

Gubernur negara bagian California Jerry Brown, Minggu, menyatakan keadaan darurat di dua kabupaten yang dilanda amukan api. Perintah yang dikeluarkannya termasuk mengerahkan tentara Garda Nasional untuk membantu usaha-usaha pertolongan bagi ribuan orang yang terpaksa meninggalkan rumah-rumah mereka.

Sekitar 1.500 petugas pemadam kebakaran berusaha menghentikan apa yang disebut Danau Api, yang telah menghancurkan 400 rumah dan melukai empat petugas pemadam kebakaran. Para pejabat mengatakan hari Minggu (13/9), mereka juga sedang menyelidiki mengenai laporan mengenai satu orang yang tewas.

California mengalami kekeringan hebat, dan banyak wilayah di negara bagian itu juga menghadapi gelombang panas selama sepekan lalu. Para pejabat mengatakan, keadaan itu membuat usaha memadamkan api yang menyebar dengan cepat sulit dilakukan.

Sejauh ini, kebakaran hutan paling hebat di California terjadi akibat sambaran petir 31 Juli lalu. Kebakaran itu menghancurkan lebih dari 54 ribu hektar lahan Hutan Nasional Sierra dan Hutan Nasional Sequoia.

Kelompok Koordinasi Urusan Kebakaran Hutan Nasional mengatakan Minggu malam, 36 persen dari kebakaran itu telah berhasil dikontrol, dan bahwa cuaca dingin yang telah datang di California akan membantu lebih jauh usaha yang dilakukan 3000 petugas pemadam kebakaran.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG