Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan di Kanada Meluas Dua Kali Lipat


Sebuah pesawat terbang rendah untuk menyemprotkan larutan pemadam api. Fort McMurray, Alberta, Kanada. (Foto: Reuters/Mark Blinch)

Sebuah pesawat terbang rendah untuk menyemprotkan larutan pemadam api. Fort McMurray, Alberta, Kanada. (Foto: Reuters/Mark Blinch)

Kebakaran hutan di Alberta, Kanada telah meluas di mana area yang terbakar menjadi dua kali lipat. Api telah memaksa pengungsian dari kota Fort McMurray.

Kebakaran hutan yang ganas yang melanda daerah penduduk di provinsi Alberta, Kanada, telah melipat dua luasnya hari Sabtu (7/5), dan telah membakar 200 ribu hektar.

Api tersebut telah memaksa pengungsian dari kota Fort McMurray.

Pemerintah Kanada juga telah menyatakan keadaan darurat di Alberta. Para pejabat darurat mengatakan kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan untuk menguasai api tersebut.

“Kebakaran itu masih tetap besar, tak-terkendali, dan berbahaya,” kata Menteri Keselamatan Umum Ralph Goodale.

Badan Pengelolaan Darurat Alberta mengatakan lebih dari 500 pemadam kebakaran, yang menggunakan 15 helikopter, 14 tanker udara dan 88 lagi peralatan, melawan api tersebut di dan sekitar Fort McMurray.

Hujan gerimis diperkirakan akan turun dalam beberapa hari mendatang, tetapi pihak berwenang mengatakan itu tidak akan membantu.

“Kita membutuhkan hujan lebat,” kata Direktur Pemadam kebakaran Alberta Chad Morrison.”Gerimis tidak cukup.” [gp]

XS
SM
MD
LG