Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan di AS Dekati Laboratorium Nuklir di Los Alamos


Kebakaran hutan di AS telah mendekati kota Los Alamos, di negara bagian New Mexico (28/6).

Kebakaran hutan di AS telah mendekati kota Los Alamos, di negara bagian New Mexico (28/6).

Pejabat laboratorium mengatakan seluruh bahan-bahan nuklir yang berbahaya termasuk limbah berbahaya dalam kondisi aman.

Kebakaran hutan di barat daya Amerika makin mendekati laboratorium senjata nuklir sehingga laboratorium itu terpaksa di tutup selama dua hari lagi. Situs web Los Alamos National Laboratory di utara negara bagian New Mexico mengatakan hanya personil penting yang boleh masuk ke fasilitas itu.

Pejabat laboratorium itu mengatakan seluruh bahan-bahan nuklir yang berbahaya termasuk limbah berbahaya yang disimpan di kompleks itu aman.

Para petugas pemadam kebakaran mengatakan kebakaran itu kini mencapai lebih dari 24 ribu hektar. Mereka mengatakan kobaran utama menyebabkan kebakaran kecil di laboratorium itu sendiri, namun dengan cepat dipadamkan.

Para pejabat mula-mula mengosongkan laboratorium itu hari Senin setelah api membakar beberapa perumahan di dekatnya. Ribuan penduduk dievakuasi dan lingkungan lain di dekatnya dinyatakan sebagai kawasan evakuasi suka rela karena buruknya kualitas udara.

Petugas pemadam kebakaran di Amerika sekarang ini sedang berjuang mengatasi 30 lebih kebakaran besar di sembilan negara bagian termasuk 14 di Texas, empat di Arizona dan enam di Florida.

Sementara itu, beberapa pejabat nuklir Amerika mengecilkan kekhawatiran akan dua PLTN di negara bagian Nebraska yang terancam banjir.

Air sungai Missouri yang naik telah mengepung PLTN Fort Calhoun dan air banjir merambat mendekati PLTN Cooper di dekatnya.

XS
SM
MD
LG