Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Hutan AS Ancam Taman Nasional Yosemite


Kebakaran hebat di California berkobar tak terkendali dan mengancam taman nasional Yosemite (25/8).

Kebakaran hebat di California berkobar tak terkendali dan mengancam taman nasional Yosemite (25/8).

Sebuah kebakaran hebat di negara bagian California berkobar tak terkendali dan mengancam salah satu taman nasional yang paling terkenal di Amerika.

Pihak berwenang hari Senin mengatakan api telah memusnahkan lebih dari 60.000 hektar, melanda sebagian Taman Nasional Yosemite di negara bagian California tengah.

Para pejabat mengatakan baru 15 persen kebakaran yang berhasil dipadamkan. Mereka telah memasang alat penyiram otomatis untuk melindungi pepohonan sequoia raksasa di taman nasional itu, yang merupakan sebagian dari flora tertua di Bumi.

Kebakaran di Yosemite itu merupakan salah satu dari sekitar 50 kebakaran hutan hebat yang kini melanda bagian barat Amerika, di mana kurangnya salju dan curah hujan tahun ini telah menyebabkan kondisi yang sangat kering.

Lebih dari 3.400 petugas kebakaran berjuang memadamkan kobaran api yang hebat, yang disebabkan angin berkecepatan 80 kilometer per jam.

Sebagian warga di jalur api, seperti Claudio Alecio, harus bergerak cepat untuk menyelamatkan diri.

"Kami hanya punya waktu 15 menit untuk keluar dari rumah. Jadi kami hanya membawa anak-anak, hewan peliharaan, beberapa foto, dan dokumen-dokumen yang kita perlukan."
XS
SM
MD
LG