Tautan-tautan Akses

Kebakaran di Yosemite Ancam Kota San Francisco


Asap terlihat di Groveland, California, dekat Taman Nasional Yosemite (22/8).

Asap terlihat di Groveland, California, dekat Taman Nasional Yosemite (22/8).

Gubernur California Jerry Brown mengumumkan keadaan darurat bagi San Francisco karena lokasi kobaran api berada sekitar 300 kilometer dari kota itu.

Kebakaran hutan di pinggir Taman Nasional Yosemite di California, Amerika bagian barat telah mengancam jaringan listrik ke kota San Francisco. Ini mendorong Gubernur Jerry Brown mengumumkan keadaan darurat di kota tersebut.

Gubernur Brown merilis pengumuman itu hari Jumat karena kobaran api yang disebut Rim Blaze, melanda daerah kira-kira 300 kilometer dari kota tersebut.

Sejumlah jaringan listrik telah ditutup setelah kebakaran merusak infrastruktur listrik yang melayani kota San Francisco, namun belum ada laporan terkait pemadaman listrik.

Yosemite dikenal dengan air terjunnya, terbentuk dari batu-batuan besar, pohon-pohon raksasa dan keajaiban alam indah lainnya.

Pengumuman keadaan darurat itu berarti penyediaan dana dan sumber daya untuk membantu San Francisco, dan membuat kota itu memenuhi syarat untuk menerima dana federal guna membantu kekurangan sumber-sumber daya listrik.

Kebakaran itu merupakan salah satu dari 50 lokasi amukan api akibat kemarau di Amerika bagian barat, yang menekan sumber daya. Ribuan petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan kebakaran hutan tersebut.
XS
SM
MD
LG