Tautan-tautan Akses

Kebakaran di Kamp Pengungsi di Pulau Yunani


Para pengungsi dan migran berkumpul di gerbang kamp Moria, pulau Lesbos, Yunani, menyusul kebakaran di fasilitas tersebut (19/9).

Para pengungsi dan migran berkumpul di gerbang kamp Moria, pulau Lesbos, Yunani, menyusul kebakaran di fasilitas tersebut (19/9).

Sebanyak 5.400 migran dan pengungsi tinggal di sebuah kamp di pulau Lesbos, yang merupakan tujuan utama lebih dari satu juta orang yang mencapai pulau-pulau Yunani itu.

Ribuan orang dievakuasi setelah timbul kebakaran di sebuah kamp pengungsi di pulau Lesbos, Yunani.

Pekerja sukarela di kamp pengungsi Moria mengatakan, sekitar 4.000 pengungsi diselamatkan dari kebakaran itu. Tidak ada laporan korban yang luka-luka.

Pejabat pemadam kebakaran sedang menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi hari Senin malam (19/9) dan masih menghitung jumlah kerugian.

Sebanyak 5.400 migran dan pengungsi tinggal di sebuah kamp di pulau Lesbos, yang merupakan tujuan utama lebih dari satu juta orang yang mencapai pulau-pulau Yunani sebelah timur sejak permulaan tahun 2015.

Pemerintah Yunani harus berjuang keras untuk mengurangi penduduk migran yang tinggal di kamp-kamp penampungan di pulau itu, meskipun arus pendatang sudah berkurang dibanding tahun lalu.

Lambatnya pemrosesan permintaan suaka meningkatkan rasa frustrasi para migran dan pengungsi dan kadang-kadang menimbulkan bentrokan antara sesama mereka.

Jumlah pengungsi di Yunani, termasuk yang berada di pulau Lesbos mencapai 60.000 orang. Kebanyakan dari mereka menempuh rute berbahaya melewati Lautan Tengah untuk menghindari perang dan kemiskinan di Afrika dan Timur Tengah. [isa/sp]

XS
SM
MD
LG