Tautan-tautan Akses

Kebakaran Besar di Kota Pelabuhan Chili Tewaskan 12 Orang


Rumah-rumah terlihat hancur terbakar di kota Valparaiso, Chili (13/4).

Rumah-rumah terlihat hancur terbakar di kota Valparaiso, Chili (13/4).

Kebakaran besar telah menewaskan sedikitnya 12 orang dan menghanguskan sedikitnya 2.000 rumah di kota pelabuhan Valparaiso, sekitar 120 kilometer arah barat laut dari ibukota Santiago.

Pihak berwenang hari Minggu (13/4) mengumumkan korban tewas berjumlah 16 orang, tetapi kemudian merevisi angka itu menjadi 12. Lebih dari 10.000 orang telah dievakuasi, termasuk lebih dari 200 narapidana perempuan di sebuah penjara di lokasi kebakaran itu.

Kebakaran bermula hari Sabtu di daerah berhutan di dekat perumahan kumuh di salah satu bukit di kota itu.

Regu pemadam kebakaran berjuang keras untuk mengendalikan kebakaran itu, tetapi angin dari pantai Pasifik memperbesar kobaran api. Mereka dibantu oleh puluhan pesawat yang menjatuhkan air di sejumlah titik api.

Presiden Michele Bachelet telah mengumumkan keadaan darurat, dan mengerahkan pasukan bersenjata di jalan-jalan di kota itu untuk menjaga ketertiban dan mencegah penjarahan. Pihak berwenang telah mendirikan tempat-tempat penampungan sementara.

Lereng perbukitan Valparaiso yang padat penduduk dan dipenuhi rumah-rumah berwarna-warni itu telah memenangkan kota dengan sekitar 250.000 penduduk itu sebagai situs warisan dunia UNESCO.
XS
SM
MD
LG