Tautan-tautan Akses

Warga Syiah Rayakan Ashura, Keamanan Ketat di Irak


Warga Syiah Irak melakukan prosesi Ashura di kota Najaf, Senin malam (3/11).

Warga Syiah Irak melakukan prosesi Ashura di kota Najaf, Senin malam (3/11).

30 ribu tentara Irak dikerahkan untuk mengamankan Upacara Ashura di kota Karbala, 80 kilometer selatan Baghdad, pada hari Selasa (4/11).

Ratusan ribu peziarah Syiah berziarah ke sebuah kota suci di Irak pada puncak perayaan keagamaan yang berlangsung selama 10 hari di tengah-tengah keamanan ketat, khawatir terjadi serangan bersifat sektarian.

Upacara Ashura berlangsung jauh lebih aman di kota Karbala, 80 kilometer selatan Baghdad, pada hari Selasa (4/11), dengan lebih dari 30 ribu tentara Irak dikerahkan untuk melindungi para jemaah itu.

Ini adalah upacara Ashura pertama kali dilaksanakan semenjak kelompok ekstremis Sunni merebut sebagian besar wilayah utara dan barat Irak.

Ashura memperingati tragedi abad ke-7 gugurnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, SAW, dalam sebuah pertempuran di luar Karbala, yang secara historis memisahkan paham antara golongan Sunni dan Syiah.

Festival-festival kaum Syiah di Irak acapkali diserang oleh kelompok ekstremis Sunni, yang menganggap praktek-praktek kaum Syiah sebagai ajaran sesat .

XS
SM
MD
LG